Minggu, 28 September 2014

CERPEN

Divergent
Suatu hari terjadi perang di seluruh dunia. Sehingga para pendahuluku membuat sebuah dinding besar untuk melindungi kami. Mereka (para pendahulu) memisahkan kami ke dalam 5 kelompok, faksi untuk menjaga kedamaian. Erudite, Amity, Candor, Dauntless, dan Abnegation.

Erudite, mereka orang pintar dan mengetahui segala hal.  Amity, mereka mengolah lahan. Candor, mereka orang yang menyukai kejujuran. Dauntless, mereka pelindung kami. Dan yang terakhir Abnegation, orang yang tidak mementingkan diri sendiri dan berdedikasi untuk menolong sesama. Abnegation menampung para non-faksi. Non-faksi adalah orang yang tidak sesuai di faksi manapun.

Namaku Beatrice Prior, aku adalah seorang abnegation. Hari ini aku akan menjalani ujian. Ujian dimana orang yang sudah berumur 16 tahun boleh memilih faksi lain. Dan hasil ujianku aku mendapatkan DIVERGENT aku tidak masuk ke salah satu faksi diantara kelimanya tetapi aku masuk di ketiga faksi Abnegation, Erudite, dan Dauntless tidak ada yang tau kecuali pembimbingku dan aku. Pembimbingku berkata ujian itu tidak akan berfungsi padaku.

Ketika pemilihan faksi, aku memilih faksi Dauntless. Faksi yang terbilang cukup menantang. Aku memiliki teman baru bernama Christina saat aku masuk dauntless. Di Dauntless, kami boleh mengganti nama kami, sehingga aku mengganti namaku menjadi Tris. 

Pembinaku selama aku menjadi pemula di dauntless adalah Four. Dia adalah laki laki yang sangat berotot nan keren. Dia orang yang tegas, walaupun mukanya bersahabat tapi sebenarnya kita tidak boleh asal bicara dengannya. 

Hari demi hari telah kulalui , mungkin masuk dauntless adalah kesalahanku. Sulit sekali untuk masuk dauntless. Mereka menggunakan peringkat . dan aku tidak masuk diperingkat mereka. Aku berpikir bahwa mungkin apabila aku menato salah satu bagian tubuhku itu membawa semangat bagiku. Akupun menato dadaku dengan tato bergambar tiga burung elang yang terbang. 

Aku berjuang untuk masuk dauntless dibantu dengan Four. Akhirnya aku bisa menyesuaikan diri di dauntless. Saat dauntless bermain, aku setim dengan Four. Saat kami bermain, aku menjadi tahu kelemahan Four. Four takut akan ketinggian. Karena kami setim bekerja sama dengan baik dengan menakhlukan kelemahan kami, tim kami menang.

Peringkatku semakin naik dan akhirnya aku masuk di dauntless. Mungkin aku jatuh cinta pada Four pikirku. Keesokkan harinya, aku mengunjungi kakakku yang memilih faksi Erudite dan ketika aku pulang, beberapa orang memaksaku terjun ke jurang dan Four menyelamatkanku. Four membawaku ke kamarnya untuk mengobatiku. Aku dan Four menjadi sangat dekat semenjak dia melatihku dan ternyata kami memiliki banyak kesamaan. Sebelumnya Four adalah Abnegation juga, dan dia adalah divergent sama sepertiku. Ia mengganti namanya juga. Nama asli Four adalah Tobias.

Keesokan harinya, aku pergi dengan Four kami melihat kaum Erudite pergi ke Dauntless setiap hari dan membawa serum untuk menguasai dunia. Serum itu tidak berfungsi bagi Divergent.

Pada malam hari, aku sedang berbicara dengan Four. Saat kami sedang berbicara, aku menanyakan tentang tato Four. “Apa tato mu?” dan Four memperlihatkannya kepadaku. Ternyata tato nya adalah kelima faksi. Ternyata kami sama sama saling menyukai.

Hari demi hari kujalani bersama teman-temanku. Akhirnya saat ditengah keasyikan kami mengobrol, tiba-tiba pemimpin dauntless memanggil seluruh umat kaum Dauntless. Kami (kaum dauntless) disuntikkan serum di leher kami, sehingga kami menjadi patuh pada pemimpin Dauntless yang ternyata bekerja sama dengan Erudite untuk menghancurkan faksi Abnegation dan juga divergent. Tetapi karena aku dan Four adalah DIVERGENT, maka kami tidak terpengaruh, tetapi kami tetap mengikuti pemimpin kami seperti orang yang bukan Divergent. 

Sesampainya di rumah abnegation, aku dan Four langsung pergi ke rumah orangtuaku untuk menyelamatkan mereka. Tetapi mereka tidak ada dirumah. Akhirnya setelah keluar kami ketahuan bahwa kami divergent. Four dan aku dibawa ke suatu tempat yang berbeda, karena aku melarikan diri. Sedangkan Four tertangkap oleh Eruditedan dibawa ke kantor Erudite. Four dicuci otaknya, sehingga ia mematuhi Erudite. 

Saat aku melarikan diri, aku bertemu ibuku. Dan ibuku bilang bahwa ia dan sebagian warga sudah bersembunyi di suatu tempat. Aku dan ibuku pergi ke tempat itu, tetapi, ibuku tertembak oleh dauntless. Ibuku menyuruhku untuk pergi terlebih dahulu. 

Sesampainya aku di tempat itu, aku bertemu dengan keluargaku dan juga sebagian abnegation. Sekarang aku menyuruh mereka untuk mengikutiku. Kami pergi ke kantor Dauntless. Dan disitu aku menemukan Four, akan tetapi aku malah diserang oleh Four karena Four telah dipengaruhi oleh Erudite. Pemimpin Erudite ada disitu juga. Akhirnya aku mengambil pistol dan mengarahkannya padaku. Four pun sadar dan ia ada di pihak kami sekarang. Kami melawan dauntles juga yang menjaga pemimpin Erudite. Aku menyuntikkan serum kepada pemimpin Erudite sehingga ia patuh padaku dan aku memerintahkannya untuk menghapus sistem tersebut. Akhirnya semua orang telah tersadar kembali setelah itu. 



Setelah itu, kami tidak ada faksi lagi di dunia ini. Kamipun hidup bahagia. Akhirnya, aku dan Four pun menikah. Aku memiliki 2 orang anak. Seorang putri dan seorang putra, Jessica Prior dan Alexander Prior. Mereka adalah putra dan putriku yang baik dan setia.


THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar